Signal (1)

19 07 2007

Signal merupakan komponen yang berfungsi sebagai penunjuk/pemberi tanda pada suatu motor yang sumbernya berasal dari baterai/accu.Komponen-komponen signal yaitu :

  1. Sein
  2. Klakson
  3. Indikator bensin
  4. Indikator rem
  5. Motor stater
  6. Indikator gigi

Bagian-bagian yang terdapat pada komponen :

  1. Kunci kontak = saklar utama/pemutus arus pertama
  2. Sekring/fuse = pemutus arus jiga terjadi hubungan pendek/konslet
  3. Accu/baterai = sumber arus bagi signal

Di bawah ini adalah skema dari signal di atas :
Sein

horn

indikator bensin

Maaf, tidak cukup untuk upload jadi di pisah di halaman selanjutnya


Actions

Information

13 responses

19 07 2007
wedulgembez

kirim aja ke kafe motor.

19 07 2007
kump45

yahh..nanti kan kembar…🙂

19 07 2007
purmana

Kalau indikator kecepatan (speedometer) gak termasuk ya mas?

Mau nanya dikit nih, kan kalo speedometer kebanyakan motor tuh ‘pengukur’-nya ada di roda depan (thunder125, jupiter, supra fit, dsb.) dilihat dari adanya kabel penghubung speedometer-roda depan.

Tapi kok yg punya saya (supra-125) gak ada ya?? terus tuh speedometer tau kecepatan saya dari mana??

Oh iya, kalo bisa tolong jelasin indikator pada motor injeksi (supra125 pgm-fi) dan indikator keiritan bbm (tvs-bebek)

sori ya… banyak nanya, namanya juga pelajar masih bodo…🙂

19 07 2007
deking

Bro,rada OOT nich.
Mau tanya tentang warna kabel di motor bebek Honda (Grand-Supra…jangan yang Kharisma dan Supra 125) yang sesuai standar pabrik Honda (dulu tau tp skrg sdh lupa).
Kalau kabel massa/ground CDI warnanya hijau bukan ya?
Terus kabel gorund untuk indikator posisi gigi netral apa ya? Apa bener coklat setrip putih? Lupa nich

19 07 2007
kump45

@bro Purnama

kalo yang pake kabel di roda depan itu ga termasuk bro soalnya masih konvensional dan ga ada kelistrikan sama sekali. kalo supra125 kan pake digital jadi sebetulnya masuk dalam kategori, tp saya masih belum mengerti secara menyeluruh. menurut saya sensor kecepatan ada di sekitar gigi rasio sekunder yg berhubungan langsung dengan sproket depan dan disambung rantai menuju roda belakang. kalo ingin membuktikan, coba motor anda di parkir dalam standar 2 (bkn standar samping) trs masukan ke gigi 1 trus putar gas, pasti roda belakang muter dan spidometer jg jalan..🙂
masalah indikator pada motor injeksi saya masih belum mengerti scr menyeluruh jg, tp saya usahakan deh.. hehe.. piss

@deking

setahu saya semua kabel massa pasti hitam strip putih.. tetapi kalo ada perubahan dari pabrik saya tidak ikut bertanggungjawab…🙂 lho?
tp akan saya pelajari lagi deh.. ^^

20 07 2007
deKing

Soalnya saya sedang mengingat2 skema kunci rahasia sepeda motor yang mengandalkan indikator gigi.
Dulu (kala) sekitar tahun 2004 saya pernah mencobanya di motor lama saya tetapi sekarang saya lupa warna kabelnya padahal prinsip kerjanya saya masih ingat sekali (niat hati ingin berbagi kunci rahasia tsb di blog)

20 07 2007
kump45

ok deh semangat mas bro…

20 07 2007
wedulgembez

wah si kump oke juga pengetahuan motornya,….kalo gw tahu dikit. malas otak atik….kekekek

20 07 2007
purmana

Wah betul,,, speedometernya jalan…!!

20 07 2007
kump45

@mas wedul

hehe.. ga jg kok mas.. saya kan masih tahap belajar jg..🙂

@bro purnama

selamat anda benar.. lho?

8 10 2013
cerpen cinta

masalah indikator pada motor injeksi saya masih belum mengerti scr menyeluruh jg, tp saya usahakan deh.. hehe.. piss

10 01 2014
power bank

salam kenal buat admin di scenesfrommemories🙂

18 11 2014
Kata Kata Cinta

makasih infonya,, sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: