CVT

16 07 2007

CVT (Continue Variable Transmision) adalah suatu sistem penyalur tenaga secara otomatis dengan bantuan gaya sentrifugal(gaya dorong yang disebabkan oleh putaran).

CVT ini bekerja melalui 2 buah puley (piringan pemutar v-belt). Semakin kecil diameter puley akan membentuk jarak semakin lebar dan sebaliknya, semakin besar diameter puley akan membentuk jarak yang sempit.Yang dimaksud jarak yaitu jarak yang terdapat pada sela-sela puley.

Komponen pada CVT :

1. Puley primer yaitu penyalur putaran dari kruk as dengan v-belt, yang terdiri dari beberapa komponen berikut :

  • Dinding luar puley primer dan kipas pendingin

  • Dinding dalam puley primer

  • Bushing/bos puley

  • 6 buah peluru sentrifugal

  • Dinding penahan

  • Peluru penyearah

  • Gigi pemutar motor starter

2. Puley sekunder yaitu penyalur putaran dari v-belt menuju as roda belakang, yg terdiri dari beberapa komponen berikut :

  • Dinding luar puley sekunder

  • Kopling sentrifugal

  • Per pendorong

  • Dinding dalam puley sekunder

  • Torsi cam

Cara kerja CVT :

Saat putaran bawah (stationer) diameter yang dibentuk puley primer lebih kecil dibanding puley sekunder sehingga terjadi ratio yang ringan. Saat putaran menengah diameter puley primer membentuk lingkaran yang sama besar dengan puley sekunder. hal ini terjadi karena gaya sentrifugal menyebabkan kedua dinding puley primer semakin sempit. Prosis ini akan terus berlanjut seiring putaran mesin yang semakin meningkat sehingga saat putaran atas diameter yang dibentuk puley primer lebih besar daripada puley sekunder.

Perawatan CVT :

  1. Ruangan pada CVT harus kering dan bersih, tidak memerlukan pelumasan atau penyetelan.
  2. Ukur diameter dan panjang v-belt saat kurang lebih 25.000 km.
  3. Memasang gasket dan lem harus presisi agar tidah menimbulkan kebocoran
  4. Bersihkan debu dan gram di sekitar puley dengan membuka lubang intip.

gambar


Actions

Information

23 responses

16 07 2007
purmana

wah bagus nih,,, kebetulan mobil gw juga ada tulisan CVT-nya tapi gue kagak ngerti apaan tuh. Asal pake aja,,,
Kalo ada gambarnya kyaknya lebih bagus tuh,,,
Bisa terangin yg lainnya gak,, kaya VVT-i, PGM-FI, V-Tec, dsb…

Thanx yo,,,

16 07 2007
kump45

wah kalo CVT di mobil saya belum tau bro…kalo yg di motor kan simpel, jd mudah dipelajari…masalah gambar gw usahain bro….kalo kaya VVT-i, PGM-FI, V-tec…..ntar deh gw usahain, soalnya saya mendahulukan belajar motor…hehehe….sip

Thanx juga, sering mampir ya^_^

16 07 2007
wedulgembez

WAH gak punya mobil nih, jadi blm ngerti….kekekek

16 07 2007
kump45

weleh…kalo yang ini buat motor mas bro….kaya mio, spin, vario dst…hehehe…kalo mobil malah lom ngerti…hehehe

16 07 2007
wedulgembez

oh gitu to,….siip

17 07 2007
deKing

Kenapa usia belt CVT bisa lebih awet dari rantai ya Bro?
Apa karena pada sistem rantai, persinggungan yang ada antara logam dan logam secara langsung?

17 07 2007
kump45

@mas wedul

sip begitulah….kira² hehehe

@deking

kalo menurut saya, CVT lebih awet soalnya v-belt bersifat fleksibel dan bahan yg dipake yaitu campuran serat karbon, sedangkan rantai terbuat dari besi dan jg terlalu banyak gesekan pada mata rantai tsb, tp kalo perawatan rantai dilakukan secara rutin pasti lebih awet lagi deh (daripada yg minim perawatan) karena kurangnya pelumasan thd mata rantai…ditinjau dari segi kekuatan thd beban berat jelas rantai lebih kuat daripada v-belt…hehe

23 07 2007
cecep2007

kalo matiknya mobil yang lama prinsipnya sama kaya diatas….tapi bukan pake v-belt tapi kaya rantai cuman kontruksinya persis v-belt….

kalo mobil yang sekarang yang ada D1,D2,D3,P,N itu sama spt transmisi mobil manual….tetapi perpindahan giginya dilakukan oleh hidrolik yang berdasarkan tekanan oli transmisi,dan beban mesin….kira2 begitu…cuman detilnya lom tau komponennya/…..

peace ah

23 07 2007
Kebak Angkoro

all brand motor sdh pada ngeluarin CVT, kecuali Kawasaki, bro tau kapan mo datang tuh matic ijo?

23 07 2007
kump45

@kebak angkoro

menurut m+ sih katanya di pihak kawasaki masih dalam proses R&D.. hehe🙂

24 07 2007
wedulgembez

Ninja 150 4 t aja, kalo Ninja Matic gimana ya?

24 07 2007
kump45

Ninja matic?? wah pasti keren larinya kenceng hehehe..

24 07 2007
cecep2007

@wedulgembez

weit…weit….jangan bawa² nama ninja ……ntar kalo kasih minumnya kurang ninja nya biasa ngilang ga bisa balik loh…..wekekekek pisss

24 07 2007
wedulgembez

tapi pasti kenchueng ya. menang pindah gigi, semakin cepat…semakin haus…kekekek

23 10 2007
priyo

mobil pake cvt pertama yang masuk indonesia adalah salah satu varian dari fiat Uno II tahun 90 an, kalo yag terbaru ada di varian honda jazz, bedanya sabuknya bukan karet tapi anyaman kawat baja. cvt bukan teknologi baru, sudah ada sejak jaman behula. kita aja yang telat ngadopsinya. vespa udah pernah pake di seri corsa, jadi istilah mio matik duluan tuh gak bener, masih kalah sama vespa. emang kebiasaan orang indonesia, merasa paling benar, paling duluan, sok pahlawan gitu deh

8 10 2008
Igro

Gw gak punya motor pengen beli gak cukup duit… Ikut ikutan aja lah

11 02 2009
henry

belagu banget nich orang.,,,,,
sdh jelas isinya tentang motor…malah nanya tentang mobil….!!!! lu mau pamer ke semua orang kalau lu punya mobil dgn cvt..???
laga lu selangit..!!! mati aja di bakar masa lu…

28 03 2009
QORI

mas tolong beri penjelasan tentang komponen-komponen cvt dunk.. buat melengkapi lapoan TA ku.. thx..

25 09 2010
smd

ikutan ah kbtulan q ru slese mbaikin cvt

2 05 2012
Agung

bos,ane mo nanya,motor mio ane cvt ny bunyi nih,kata mekanik sih gearboxny,ada yg blng rasiony,yg bnr yg mana ya bos?
Mohon di bls via email bos,,thx

8 10 2013
cerita Lucu

Kenapa usia belt CVT bisa lebih awet dari rantai ya Bro?
Apa karena pada sistem rantai, persinggungan yang ada antara logam dan logam secara langsung?

10 01 2014
download

dukung aja deh saya untuk cvt😀

18 11 2014
Kata Kata Motivasi

mantap nih infonya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: