Kata² pepatah jawa kuno

14 07 2007

“girilusi jalmo tan keno ing ngino”

Kata² tersebut sebenarnya artinya sangat simpel, yaitu “di atas langit masih ada langit”. Tapi seringkali kata-kata tersebut diartikan luas sehingga menjadi rumit dan panjang. sebenarnya kata-kata itu bermaksud menasehati siapa saja manusia yang hidup di dunia ini. Contohnya : seorang presiden yang kedudukannya sebagai pemimpin negara, tetapi masih membutuhkan masyarakat untuk membantu walaupun secara tidak langsung. Begitu pula dengan seseorang yang sangat jenius, orang itu berkata “meskipun aku seorang yang jenius tetapi aku masih membutuhkan seorang teman, keluarga bahkan anakku sendiri yang sangat kucintai”. Nah dari penggalan cerita di atas dapat kita simpulkan bahwa kata-kata tersebut bisa berarti sangat luas….


Actions

Information

60 responses

16 07 2007
wedulgembez

kalo pepatah “witing tresno jalaran soko cembanan limo”, gimana ya???

16 07 2007
kump45

itulah yg terjadi pada masa skrg ini mas bro….udah agak jarang yg “soko kulino” hheheh

16 07 2007
wedulgembez

yah kalo soko cembanan limo sih, berat juga saingannya. masih adakah cinta murni,…hehehe. gw sudah sering dikenalkan sama cewek2 ada yang calon Dokter,pegawai BUMN,Dosen,Pegawai Dinkes,Jamsostek..whalah, pokoknya secara pekerjaan mapan semua,…tapi hati gw nih rada susah kalo gak nemu yang sreg banget. Agaknya cinta karena cembanan limo gak berlaku buat gw,…tapi kalo hati gw sreg bisa berlaku juga nih….kekekek, maunya.

27 02 2009
panji steyo

ne kondo-kondo ne ora-ora ajo kondo sing ora-ora.

jere enyong cinta/tresno kuwi buto, buto kui meraba2

16 03 2009
ratisa

pepatah jawa memang ada,tapi terkadang adanya dianggap tak ada oleh generasi muda saat ini.
memang bagus untuk kehidupan yang kita jalani…pepatah kadang bisa memberikan arahan, nasehat dan juga petunjuk tanpa kita sadari.
ok! selamat menjalani hidup tentunya dengan koridor hidup yang kita miliki.
widya castrena dharma sidha!
!

19 04 2009
arman java

kok yo angel temen to mas
ra mudeng aq . jane pieto mahami boso ne wong2 tuo iki

25 04 2009
k3mpot

jaman mbiyen awet jaman sakniki niku sak tenane wes ono sesuatu sek luweh seep mantep seko pepatah al quran gakgakgak dadine pepatah kui kangoku seledar angin berhembus maak wussssssssssssssheheeh

8 09 2009
alfi

mantabs

25 10 2009
roni

josssssssss lah pepatah jawa kuwi

17 12 2009
aulia

sepiro gedhening sengsoro yen tinompo amung dadi cobo…………………..

10 01 2010
cholioscesar

mikul duwur mendem jero

2 02 2010
prasetya cahyana

nulis jawa itu nggak pake “o” mas…tapi pake “a” dibaca antara “a dan o”…
hehe…koreksi nggih, biar nggak salah…

31 12 2011
Wisanggeni Sungsang

sejuta, ech salah setuju..

12 02 2010
yusup

wonten mboten to,,,mantra-mantra jawi?

19 02 2010
roian

kalo witing tresno mergo ga ono liyo piye bos??

21 02 2010
joyo_temanggung

” dadi wong kuwi ojo sing rumongso biso nanging sing biso rumongso ”
@ mas prasetya, tergantung penerapan kata. kalo untuk kata “prasetya” ya memang pake “a”. tapi untk kata jero ya harus pake “o”. sbg contoh misalnya ” jero, kaping “pindho”, dll. maaf lho mas hanya sekedar koreksi.

21 03 2010
Kicky

halub alub ing ngaluyub sambi Rinengga pratanda pati ing wayah swaraning latri…ap artinya hayo…sp tau

28 03 2010
eko bowo saputro

Weh, basa Jawa memang kaya dengan kata-kata

28 03 2010
eko bowo saputro

Mas aku ngopi yg “giri….” yah…buat literasi ajah.thanks.

19 04 2010
muhammad syarif

cinta itu buta…buta itu cakil…cakil itu helm…hehehe…

hayo…bagus 9 pepatahQ…

2 05 2010
ompong

sekarang yg ada, witing tresno jalaran seko kelonan
hahaha

2 11 2012
Rimbu Ratnawati

jare witing tresno jalaran seko weruh sing dowo ..hahahaaa

5 05 2010
hari

mikul duwur, mendem vodka

8 05 2010
fajar

witing tresno marga kepepet

9 06 2010
WONG JOWO

gak enek rotan,klaras ae dadi….. piye..?

12 06 2010
ecxodian

ngangsuo banyu buthek nganggo pikulan banyu bening…………..

15 06 2010
cha`e`

wah…aq orang jawa asli tp gk begitu ngerti dengan pepatah jawa….pgn belajar, tp susah kali ya mas ya….hehehe…

18 06 2010
teyenx singh

ajining rogo soko busono, ajining diri soko lathi ananging piyantun sak niki katah ingkang mboten anggadahi pitutur leres ugo katah ugi ngagem rasuk an ingkang mboten trep dateng aurot ipun piyambak2. dos pundi ngoten niku….?

21 06 2010
harry

ingsun amatek ajiku si sodho lanang tak goyang ing tengah latar sing tak goyang mesthi ke danan…..

5 08 2010
abah Ontohod

Kalau Luna&Ariel : “Witing tresno jalaran soko isi celono”

25 08 2010
anto

sudah saatnya kita menggali khasanah piwulang budaya nusantara yang sebenarnya adalah kejati dirian bangsa ini…..bangsa yang unggul lan adiluhung

7 10 2010
xpo

witing tresno jalaran soko sembrono…
heheheeh… yen ora sembrono ra bakal tresno.

25 10 2010
tunjung kristiantoro

klo sembrono mah bukan cinta tapi….. kecelakaan…

13 02 2011
kienarok

boso jowo ora ono enteke……………koyone ngono……………….

25 02 2011
Q_llaudiiae

waduh ..
tlog ciie pepatah iiank laiin na ..
ak uga gg bza bsa jwa ..
coz ak bkan orag jawa asli ..
ak org luar iiank ge bljar bhsa jawa ..

25 02 2011
Q_llaudiiae

tlog bri tau ckrag iiac’ ..
wlupun ak bkan orag jwa asli phy akn ku lestarikan bhsa jwa niie ..
joos lha :D

27 06 2011
EatmyDicK

Gedang GodoK MretheLi…… GeranG goblOk ng’GateLii……..

piyee……??

16 07 2011
amka

luwih becik iso rengeng-rengeng najan mikul dawet, tinimbang numpak montor nanging mrebes mili….. ki hajar dewantoro

20 09 2011
Cah Bagos cah kidul

Wong Ompong’,Nyaring Bunyinya.,.,c k c k c k ck….,.wOng Jowo nIng Ra njoWo.,.,.Hadew.,.,.

7 12 2011
Hadi Tushter Pendekar

jamur ing mangsa ketiga

13 12 2011
Hendra Wijaya

ojo dumeh… hehehe

28 12 2011
bondan aji joyo wilogo

wong jowo kui yo kudu njawani jo ngarab ngarab rapati beres…..kkkkkkkkkkkkkk

27 01 2012
adi

sae…sae…,menawi pari’an pripun,” cangkir : nyencang pikir “

3 02 2012
rahmad

dadi uong ojo rumangsa bisa,,tapi bisa o rumangsa…
pie lek,,,mathuk mboten

24 02 2012
satya_dharma

Ajining dhiri dumunung ing lathi !
Ajining raga dumunung ing busana !

29 03 2012
wangsit

urip nang ndunyo iku kudu biso mbedakno KIWO Karo TENGEN
KIWO : IKI HOWO TENGEN :ANTENG LAN DI ANGEN ANGEN…cik uripmu biso mulyo

18 04 2012
sigit

sepiro gedening sengsoro yen tinompo amung dadi cobo..

29 04 2012
irwan hidayat

kacang kulit….kake’en cangkem eleng silit..kwokwokwowko…:P

14 05 2012
'Aldo Daressa'

manunggaling kawulo gusti..

17 06 2012
Hasanudin Manusia Dewa

suro diro joyo ningrat lebur daning pangastuti

16 07 2012
khasanahq

becik setitek olo ketoro

22 07 2012
dolpine sicklick

bumi ta’ enci’i langit ta’ iyupi…….

17 11 2012
farhan

becik setitek olo rupamu.

19 11 2012
garenk

ojo dumeh

8 04 2013
kuno

Valuable information. Lucky me I found your web site by accident, and I’m stunned why this coincidence didn’t came about earlier!
I bookmarked it.

8 10 2013
kata kata motivasi

becik setitek olo rupamu.

30 10 2013
-ː̗̀♡̬̩̃ː̖́-Yulli PASHTER

Memayu hayuning bawono

10 01 2014
kata kata bijak

waaah lumayan nih nambah ilmu penetahuan saya sebagai orang batak … maskasih ya gan !!!

9 06 2014
Kata Kata Motivasi

thankiu attas pepatah jawanya mas gan.

17 11 2014
Famiredo

makasih infonya,, Sangat bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: